z9gV3AfgLseek8CnqUqRp2AkiAHAq7owgHlSORQ6
Ragam Cara Mengatasi Homesick di Perantauan

Ragam Cara Mengatasi Homesick di Perantauan

Ragam Cara Mengatasi Homesick di Perantauan - Wadah Siparmin


Homesick yakni rindu rumah adalah hal wajar, menerpa setiap orang yang mencoba merantau, mengundi nasib untuk merubah roda kehidupan dengan meninggalkan kampung halaman. Rindu tersebut tentunya harus disyukuri dengan bijak, bahwa kamu telah memiliki kenangan indah yang membuatmu tidak bisa melupakan, bahkan terngiang sekalipun kamu mencoba untuk tidak mengingatnya. Harusnya, homesick tidak dijadikan alasan untuk berdiam diri dan meratapinnya, justru tidak melakukan apa-apa, semakin memperburuk keadaan. Padahal banyak hal yang telah dikorbankan bukan? Waktu, keluarga, materi dan lain-lain. Oleh sebab itu, jangan jadikan homesick sebagai hambatan dalam meraih kesuksesan, justru jadikan sebagai dasar untuk mencapai kesuksesan. Berikut ini ragam cara untuk mengatasi homesick yang mendera.




Tips Mengatasi Homesick


# Sebuah Perjuangan

Kawan, tidak ada yang instan di dunia ini, semua perlu waktu, semua perlu pengorbanan, proses dan perjuangan. Pahamilah bahwa ini hanya sementara, jangan menyerah ketika telah memulainya, coba ingat kembali hal yang telah dikorbankan maupun perjuangan untuk sampai ditahap ini. Besar harapan  mereka ada dipundakmu, busungkan dada dan tegakkan badan untuk menjalaninya, berjiwa besarlah untuk dapat memberikan kebermanfaatan yang jauh lebih besar nantinya.

# Sibukkan Diri dengan Kegiatan Positif

Cara manusia berpikir dipengaruhi oleh emosi atau keadaan jiwa nya saat kejadian. Apabila sedang marah, tentu pikiran akan terasa kusut, begitupula sebaliknya. Olehnya, guna menghindari rasa rindu, perlu untuk menyibukkan diri dengan kegiatan positif agar pikiran tidak kosong atau kembali memikirkan kampung halaman. Terlebih dengan melakukan kegiatan positif misal menyalurkan hobi anda dengan mengenal budaya baru diikota perantauan, mendaftarkan diri pada klub klub universitas yang menunjang kemampuan skillmu, atau dapat mengambil kerja part time maupun magang sebagai relawan sosial. Tentunya, segala bentuk kegiatan positif yang kita lakukan akan menghasilkan dampak positif pula dikemudian hari. Misalnya berupa pembelajaran baru serta meningkatkan kebutuhan finansial kita sendiri.

# Komunikasi Secara Rutin

Keluarga adalah aset berharga yang akan selalu ada dan tidak akan pernah meninggalkan anda. Dewasa ini kita berada di era serba canggih, bahkan dapat bertatap muka dengan orang yang jaraknya puluhan ribu kilometer dengan kita. Olehnya, gunakan kesempatan ini sebaik mungkin, komunikasi, hubungilah orang-orang terdekat secara rutin, untuk mendengar kisah mereka, kamu dapat pula menceritakan hal apa saja yang telah kamu raih selama diperantauan, jadikan komunikasi tersebut sebagai budaya, yang memberikan saran, kritik dan apresiasi bagimu di tiap harinya. Dengan begitu, diharapkan kamu tidak merasa kesepian, melainkan tergugah untuk melakukan  dan memberi yang terbaik setiap harinya.



Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar