z9gV3AfgLseek8CnqUqRp2AkiAHAq7owgHlSORQ6
Tantangan Bagi Pelaku Bisnis Online

Tantangan Bagi Pelaku Bisnis Online

Tantangan Pelaku Bisnis Online - Wadah Siparmin

Beberapa waktu lalu, kita dihebohkan dengan maraknya fenomena cashback, diskon yang ditawarkan oleh beberapa platform bisnis online, bahkan hal tersebut mewabah dengan menempatkan hari tertentu sebagai hari belanja online. Mengingat hal tersebut diadakan tanpa adanya peresmian secara legitimasi pemerintah langsung. fenomena e-commerce saat ini sudah tidak dapat dibendung. Tiap kalangan umur meeliputi anak-anak, pemuda hingga orang dewasa terlibat didalamnya. 

Bisnis online (e-commerce) memang tumbuh subur di Indonesia. Banyak yang datang, namun banyak juga yang tumbang. Ada yang sempat bersemi lalu diterpa tsunami kegagalan, ada juga yang baru berumur bulan sudah hilang ditelan zaman.




Raksasa bisnis online memang terlihat menggiurkan dilihat dari segi keuntungan. Namun, hal tersebut tidak semudah apa yang dilihat atau dibicarakan. Layaknya sebuah bisnis, tentu terdapat rencana, langkah strategis berkelanjutan yang harus disiapkan. Kita semua sepakat bahwa bisnis di jalur maya ini tidak hanya menyediakan kemudahan-kemudahan tapi juga memberikan berbagai tantangan dan hambatan. Untuk itu perlu diketahui tantangan dan hambatan dalam bisnis online yang perlu diperhatikan dengan seksama. 

Tantangan Dan Hambatan Dalam Bisnis Online


Pertama, bisnis online ibarat sebuah wabah yang menjangkit dengan cepat, begitu banyak pihak yang turut serta mengambil peran. Hal ini menjadikan persaingan bisnis sudah sangat kompetitif. Karakteristiknya yang mudah dikerjakan siapa saja, dimanapun dan kapanpun menjadi nilai jual tersendiri. Olehnya anda harus memiliki strategi dan inovasi yang berbeda dengan yang lainnya. 

Kedua, Di Indonesia, kendala yang sering menjadi masalah bagi pengusaha bisnis online adalah masih sering ditemukannya alamat rumah para konsumen yang tidak valid, khususnya mereka yang berada di wilayah terpencil. Hal tersebut tentu, menyulitkan kurir pengantar barang hingga berdampak pada idkembalikannya barang, atau barangkali salah alamat.

Ketiga, tidak ada gading yang tak retak, itulah yang menjawab kesempurnaan diamana ditawarkan bisnis online. Tidak luput dari hal-hal yang perlu diberi perhatian khusus. Salah satunya, banyaknya kasus penipuan berkedok bisnis online. Modusnya antara lain konsumen sudah membayar tapi barang tidak dikirimkan atau barang dikirimkan tapi kualitasnya tidak sesuai yang ditawarkan lewat internet. Ini tentu saja membuat sebagian masyarakat kita takut membeli secara online. Untuk mengantisipasi kekhawatiran masyarakat, hendaknya para pemilik bisnis online harus berani mencantumkan alamat toko online-nya dan nomor telepon/ HP secara jelas. Ini akan memunculkan image (kesan baik) di kalangan calon pembeli bahwa anda penjual yang bertanggungjawab yang siap diperkarakan bila melakukan penipuan atau penggelapan.

Keempat, jika anda pelaku bisnis online yang melakukan segalanya dengan sendiri, tentu pekerjaan ini bukan hal yang mudah, dapat menyita waktu dan menguras tenaga. Tanpa karyawan, Anda harus memikirkan dan mengerjakan semuanya sendirian. Karena itu anda harus melakukan pekerjaan ini dengan kerja keras dan serius bila ingin membuahkan hasil yang bagus. olehnya kemudahan yang ditawarkan oleh bisnis online sekalipun. Faktanya berbanding lurus dengan akibat yang harus diatasi.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar