z9gV3AfgLseek8CnqUqRp2AkiAHAq7owgHlSORQ6
Ancaman Bagi Pelaku Toko Retail (Offline)

Ancaman Bagi Pelaku Toko Retail (Offline)

Ancaman Bagi Pelaku Toko Retail (Offline) - Wadah Siparmin

Menjamurnya bisnis online yang terjadi sekarang, kian mengalami peningkatan tiap waktunya, hal tersebut menimbulkan keberadaan toko-toko retail yang berbasis offline atau biasa disebut konvensional sudah gulung tikar. Apalagi minat masyarakat untuk berbelanja instan membuat masalah tersendiri bagi bisnis retail sekarang ini dikarenakan kalah bersaing. Olehnya, jika saat ini anda adalah pelaku bisnis offline, maka hendaknya anda memperhatikan hal berikut ini untuk menjadi acuan kedepannya.



Pertama, Perhatikan Harga, biasanya harga jual Retail Online lebih murah dibandingkan retail konvensional, ini disebabkan retail online tidak memerlukan biaya yang cukup besar untuk modal maupun biaya operasional, seperti biaya sewa, atau sejenisnya berbanding terbalik dengan toko retail dengan segala biaya operasionalnya.

Kedua, Peka terhadap trend,  Kebutuhan dalam hal ini ketertarikan konsumen terhadap suatu produk akan selalu berubah-ubah, mengikuti situasi budaya tentunya. Bahkan terkadang bisa terjadi dengan cepat dari apa yang di bayangkan. Sebagai pemilik bisnis retail, Anda harus bisa mengikuti trend di setiap musim dan kebiasaan belanja konsumen. Olehya, anda harus memberi sedikit kreatifitas, inovasi, sentuhan yang berbeda terhadap produk Anda sesuai dengan trend saat itu. 

Ketiga, Bisnis retail dengan kategori besar, biasanya memiliki sistem personalia sesuai bidang masing-masing. Dalam hal ini, kinerja nya yang bersifat kompleks menuntut adanya pengelolaan komunikasi secara berkelanjutan. Sebab, komunikasi yang tidak efisien antar divisi bisa menghambat kelancaran operasi bisnis retail. pebisnis retail seyogianya memiliki suatu sistem untuk menyederhanakan proses komunikasi internalnya.

Keempat, toko offline memiliki kelebihan salah satunya lamat yang pasti dan mudah ditemui, untuk itu hendaknya memperhatikan loyalitas pelanggan anda. Salah satu kesalahan umum yang dilakukan oleh Bisnis Retail adalah membiarkan pelanggan lamanya pergi dan berpikir bahwa mereka bisa mudah menggantinya dengan pelanggan-pelanggan baru. Pola pikir seperti ini bisa membuat perusahaan Anda sulit bertahan lama. Tentunya, diperlukan metode promosi dan penawaran khusus terhadap para pelanggan agar bersikap secara loyal terhadap usaha yang anda jalankan.

Kelima, meningkatkan kualitas kinerja staff dan karyawan karena akan berpengaruh terhadap hasil kinerja yang diberikan. Sebab, kompetitor anda adalah teknologi yang tentunya memiliki banyak kelebihan diluar kemampuan manusia secara umumnya.

Meskipun kehadiran eCommerce memiliki efek pada perubahan perilaku konsumen, tetapi penelitian membuktikan bahwa konsumen tetap suka melakukan pembelian untuk sebagian besar produk di toko fisik. Mereka biasanya menggunakan internet untuk mencari informasi seputar produk dan membandingkan harganya, tetapi pada akhirnya akan tetap membelinya secara offline. Inilah yang harus anda pertahankan. Dengan menerapkan langkah di atas agar mampu menjawab tantangan yang dihadapi. Harapannya, usaha retail anda kedepan tidak tergerus dengan keberadaan bisnis online yang menjamur.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar